Belajar dan Berbagi ala Kopral

Saturday, December 9, 2023

Catatan Blogger Tentang Blog dan tips Blogging bagi pemula

| Saturday, December 9, 2023
Catatan Blogger, Menjadi Blogger dengan memilih Blogspot, Wordpress, Webly dan beberapa Blog Gratis lainnya itu adalah selera yang disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan seorang blogger dalam mengolah kontent pada sebuah website.

Membanding bandingkan masing masing Blog Gratis dengan alasan mencari yang terbaik sebelum memutuskan menjadi blogger hanya akan menghambat seorang blogger dalam berkarya.

Kenapa saya katakan demikian, sebab saya percaya  Blogspot, Wordpress, Webly dan berbagai macam Blog Gratis yang ada semuanya dikembangkan oleh Blogger blogger yang sudah sukses, yang tentunya tidak di bangun secara Asal atau Sembarangan bin asal jadi.

Semua Blog Gratisan dibangun serta dikembangkan dengan mengikuti kebutuhan utama seorang blogger tanpa mengabaikan struktur kode yang di butuhkan alat peramban dan mesin pecari.
Semua Blog Gratisan itu baik dan cocok menjadi wadah berkarya seorang Blogger.

Jika sampai hari ini masih ada saja Blogger  yang memuji kinerja salah satu Blog Gratisan dan mencela Kinerja Blog Gratis yang lainnya bagi saya itu hanya Opini dan pendapat Pribadi  berdasarkan kemampuan dan kebiasaan sang blogger saja, Bukan karena sang blogger pernah mengutak ngatik atau serius menggunakan SEMUA BLOG GRATISAN YANG TERSEDIA.

Untuk mendukung apa yang saya sampaikan pada artikel pembuka ini, Beberapa hal nantinya akan saya sampaikan secara bertahap, Melalui artikel artikel lainnya.
Dan sebagai dasar utama artikel ini  ada baiknya kita melihat dulu beberapa hal penting yang perlu kita ketahui tentang Blog, jenis jenis blog Blog Gratis Dan apa saja yang dibutuhkan seorang blogger sebelum melakukan aktifitas Blogging.

Definisi Blog


Blog merupakan Singkatan dari  Dua kata, Yaitu Web  dan  Log,
Web adalah : Himpunan situs internet pada jaringan komputer yang dapat menampilkan Teks, Grafik, Suara dan berbagai macam jenis file lainnya melalui  Hyper Text Transfer Protokol (HTTP).

Sedangkan Log adalah Catatan peristiwa yang terjadi di dalam Suatu sistem ataupun Jaringan.

Dari Dua kata diatas,  Weblog dapat di definisikan  secara Singkat sebagai Kumpulan kata yang tercatat pada sebuah sistem komputer, baik itu teks, Grafik, Suara atau file yang tertampil pada halaman sebuah situs dan dapat di akses melalui Internet.

Media blog pertama kali diperkenalkan oleh situs Blogger.com, yang pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs sebelum akhirnya di Akusisi oleh Raksasa Internet Google di penghujung tahun 2002

Sumber : Wikipedia.org

Jenis Jenis Blog :


Umumnya Jenis Blog Terbagi berdasarkan Kategori dan pembahasannya
Contoh :

  • Blog Kesehatan : Blog yang mebahas segala hal yang berhubungan dengan Kesehatan baik itu, Nutrisi, Jenis Penyakit, dan Cara Mengobati Penyakit
  • Blog Wisata : Blog yang membahas tentang Tempat tempat wisata
  • Blog tutorial: Blog yang senang memberi petunjuk cara menggunakan, cara memperbaiki, cara membuat dan berbagai petunjuk penggunaan lainnya  yang di tujukan ke kalangan pemula agar lebih mudah dalam bekerja.
Terdapat banyak jenis kategori blog, dikalangan Blogger hal ini biasa di sebut Niche.

Blog Gratis dan Penyedianya

Terdapat sangat banyak Penyedia Jasa Blog Gratisan di Internet, Baik itu yang berasal dari luar maupun penyedia Layanan blog Gratisan di tanah air, Akan tetapi karena keterbatasan waktu maka saya lebih memilih 15 Nama situs penyedia Blog Gratisan yang Populer saja.

Daftar situs penyedia Blog Gratis yang Paling  Populer


  • www.blogger.com
  • www.wordpress.com
  • www.mywapblog.com
  • www.blog.com
  • www.blogdetik.com
  • www.jimdo.com
  • www.tumblr.com
  • www.medium.com
  • www.weebly.com
  • www.livejournal.com
  • www.webs.com
  • www.blogdrive.com
  • www.wix.com
  • www.simplesite.com
  • www.yola.com


Sebelum menjadi Seorang Blogger, dan mendaftarkan diri pada sebuah situs penyedia blog gratisan, ada baiknya anda ketahui dulu beberapa hal berikut

  1. Yang pertama pastikan anda sudah memiliki email, Sebab umumnya sebuah situs penyedia Blog gratisan akan meminta anda melakukan pendaftaran dan Aktifasi dulu melalui surat elektronik ini
  2. Anda sudah harus bisa tahu minat anda lebih besar terhadap apa , Jadi tahu akan menulis dan membahas apa, hal ini penting jika anda benar benar ingin menjadikan blog yang anda bangun sukses dan bisa menambah penghasilan anda. Akan tetapi hal ini tidak menjadi penting jika anda berniat membangun Blog ala kadarnya saja alias hanya "buat Punya punya" atau hanya "sekedar  ingin tahu" rasanya mengelola Blog.
  3. Punya waktu untuk menulis, atau menulis ulang sebuah artikel Setiap hari. Untuk langkah awal ini benar benar di butuhkan, Sebab tidak sedikit blog yang Popularitasnya menurun hanya karena Jarang update , Sekali lagi ini berlaku bagi anda yang benar benar serius ingin membangun sebuah blog yang sukses.
  4. Memilih Penyedia Blog Gratisan yang sekiranya sesuai dengan Kemampuan saja, Cari tau Penyedia Blog Gratisan yang benar benar tidak membuat anda perlu banyak pusing dalam hal memahami  sistem kerjanya. Terkecuali jika anda memiliki tujuan lain dari sekedar Blogging, misalnya ingin mempelajari sistem kerjanya suka koding dan lain sebagainya.
  5. Pilih penyedia blog yang familiar, punya komunitas dan tutorial pengoprasiannya banyak tersedia di internet, Hal ini bermanfaat bagi anda yang 
  6.  Pilih Penyedia Blog yang memiliki banyak dukungan template, dan mudah di tak atik. hal ini berlaku jika anda sering tertarik akan tampilan sebuah Blog ketimbang membaca isinya. Ini juga masuk kategori penting, Karena terkadang Tampilan Blog  bisa membuat kita lebih percaya diri dalam mepromosikan blog  yang kita bangun
  7. Sedikit punya selera, Tau mana  Blog yang tampil bagus dan mana yang tidak bagus, FaktaTidak sedikit Blogger yang memiliki Blog benar benar asal asalan hanya karena gagal paham  bagaimana mengelola blog agar dapat tampil bagus dan menyenangkan pembacanya, Hal ini, 
  8. Terakhir, Memiliki Akun media sosial, hal ini sebenarnya penting tidak penting, hanya saja fakta tentang pentingnya Media sosial dalam mendongkrak popularitas sebuah blog itu benar benar ada, Akun media sosial bisa menjadi dasar awal pemicu datangnya visitor bagi beberapa blog pemula dengan mudah, Cukup share Postingan anda ke akun media sosial anda.

Demikianlah Catatan Blogger tentang Blog dan tips Blogging ini di buat dengan sesederhana mungkin, sebagai  koleksi Artikel di blog ini. Tak ada tujuan ingin menggurui siapa siapa dan merasa lebih baik dari siapa siapa, Hanya sekedar belajar dan berbagi sesuai dengan apa yang di bisa bisakan. Wassalam


Related Posts

No comments: