Belajar dan Berbagi

Bayi pengidap Harlequin Ichthyosis gegerkan kolaka

by administrator , at Tuesday, April 01, 2014 , have 0 comments
Kolaka, Minggu (30/3/2014) pagi telah terlahir seorang bayi dengan kondisi yang tidak biasa, di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara,. Bayi tersebut terlahir dengan kondisi fisik mata merah serta kulit tubuh berwarna putih bergurat merah.
masyarakat dan media lokal setempat kemudian heboh lantas menjuluki sang bayi dengan sebutan (tak sepantasnya) bayi “monster”.

Padahal jika dicermati kelainan yang diderita sang bayi  sebenarnya bukanlah hal yang baru, apalagi yang pertama kali adanya.
Kelainan  / Penyakit seperti yang diderita oleh buah hati
pasangan Muhammad Alya dan Andi Amina adalah Harlequin-type ichthyosis, dimana penyakit tersebut umumnya diderita sang bayi sejak berada didalam kandungan,kelainan genetik tersebut menyebabkan penderita mengalami kekeringan luar biasa pada kulit, dan kondisi ini sejalan dengan mata yang membengkak serta pelepuhan pada bagian mulut.
 

"Harlequin Ichthyosis adalah penyakit  yang didapat penderita sejak lahir, kelainan genetik menyebabkan penderita mengalami kekeringan yang luar biasa pada kulit, dan masih ditambah dengan mata yang membengkak dan mulut yang melepuh pada saat lahir. Dengan kondisi seperti itu memang tidak banyak penderita Harlequin Ichthyosis yang mencapai usia dewasa. Kebanyakan dari mereka meninggal saat masih bayi atau pada usia belia. Penderita yang sanggup bertahan dan mencapai usia dewasa harus mengoleskan lotion pada kulit mereka beberapa kali dalam sehari untuk mencegah kekeringan pada kulit mereka menjadi semakin parah. Karena penyakit ini tergolong langka maka penelitian dalam bidang ini masih belum banyak dilakukan, penyebab dari Harlequin  Ichthyosis masih dalam tahap penelitian hingga saat ini."

Bayi yang belum diberi nama ini, merupakan buah hati kelima dari pasangan Muhammad Alya dan Andi Amina, warga Desa Pangipangi Kecamatan Polipolia kabupaten Kolaka Timur.

Saat ini Kondisi Ibu bayi perempuan itu,sedang dalam perawatan  di Puskesmas Ladongi, kabupaten Kolaka Timur ( Kol-Tim).Sang bayi dilahirkan secara normal di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Pangipangi, Polipolia dalam kondisi prematur.

Karena kondisi kesehatan yang sangat lemah, maka bayi akan segera dirujuk ke Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kabupaten Kolaka.
Direktur RSBG, dr. Azis Amin MARS yang dihubungi menjelaskan pada media lokal setempat, bahwa kondisi bayi yang demikian itu dikarenakankan sibayi terlahir  prematur yakni baru  berumur tujuh bulan. Organ tubuh dan kulitnya belum terbentuk sempurna. Sehingga penampakannya berbeda dengan bayi yang lahir normal.
"Bayi yang dirujuk ini langsung dimasukkan ke dalam inkubator. Karena dia lahir pada umur tujuh bulan kandungan ibunya," jelas dokter berkacamata ini kepada
Sang ayah, Muhammad Alya, tampak sedih melihat kondisi buah cintanya itu. Sebab empat anak sebelumnya, semuanya terlahir normal dan sehat. Bahkan  sebelum lahir, tidak ada tanda-tanda aneh yang dirasakan sang bunda. Hanya rasa sakit di perutnya seperti ingin melahirkan. Dia berharap, semoga bayi
mungilnya itu panjang umur. Raut muka sedih dan tetesan air mata, tampak menghiasi wajah tuanya.

Sumber : Kendari Pos
administrator
Bayi pengidap Harlequin Ichthyosis gegerkan kolaka - written by administrator , published at Tuesday, April 01, 2014, categorized as Berita Konawe , Kabar Sultra , Kendari pos . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID