Monday, December 31, 2012

Solusi Flash player bermasalah pada browser firefox

Artikel berikut hanya akan membahas Masalah umum yang mungkin sering kita temui ketika sedang membuka halaman web yang berisikan konten Flash,contoh umum situs video share Youtube.
kondisi  umum yang kita sebut masalah ini adalah dimana Plugin firefox yaitu Flash player tidak bekerja dengan benar dan umum tidak dapat di update.
Permasalahan ini umumnya terjadi di platform Windows.Hal ini Terkadang dikarenakan terdapat dua atau beberapa versi  Flash yang terpasang pada browser Firefox.
Hal ini tentu sangat menyebalkan dikarenakan  menimbulkan  permasalahan ,
Konten Flash tidak dapat bekerja, terjadi keanehan, atau menyebabkan kesalahan. (Hal ini terjadi karena versi Flash yang lama yang digunakan untuk memainkan konten yang membutuhkan versi Flash terbaru.) Pemasangan versi terbaru mungkin gagal, walaupun pemasang (installer) Flash tidak menyebutkan adanya kesalahan dan sepertinya baik-baik saja.

(Versi lama Flash mempunyai prioritas yang lebih tinggi daripada versi baru, dan berkas pemasang Flash gagal menghapus versi lama.)
Untuk mengetahui berapa banyak versi Flash yang terpasang: Pada bagian atas jendela Firefox, klik pada menu Alat dan pilih Pengaya. Jendela Pengaya akan muncul. Pada jendela Pengaya, pilih panel Plugin untuk menampilkan daftar plugin terpasang. Hitung berapa banyak item yang bernama "Shockwave Flash". Jika terdapat item dengan nama "Shockwave Flash" lebih dari satu, artinya kamu memiliki lebih dari satu versi Flash terpasang.
Pada situasi seperti ini, hal wajib yang harus dilakukan adalah  menghapus item Flash dan menyisakan satu versi saja,atau lakukan saja instalasi ulang (reinstall) versi flash terbaru. Untuk melakukan hal ini ikuti langkah langkah berikut :
  1. Perhatikan menu di atas jendela Firefox, pilih menu Berkas dan pilih Keluar.
  2. Temukan folder tempat pemasangan Firefox. (Umumnya adalah C:\Program Files\Mozilla Firefox\)
  3. Buka folder \plugins\. Hapus berkas dengan nama NPSWF32.dll.
  4. Buka Firefox. Buka jendela Pengaya / add-Ons dan pilih panel Plugin.
  5. Pastikan hanya satu item dengan nama "Shockwave Flash".
  6. Kunjungi laman pengujian Flash untuk memastikan versi termutakhir Flash. Untuk memiliki versi terbaru Flash Player, silakan download disini.http://get.adobe.com/flashplayer/
  7. instal dengan tak lupa menutup program firefox anda.
  8. Setelah selesai coba jalankan lagi browser firefox anda.
jika langkah langkah diatas telah anda ikuti dengan benar seharusnya tak ada lagi masalah yang anda temui pada saat sedang mrmbuka halaman yang memuat konten flash.
Semoga bermanfaat