Friday, December 21, 2012

Manfaat dan khasiat Buah nanas

Nanas merupakan tumbuhan semak yang memiliki nama ilmiah Ananas Comosus yang memiliki ciri daun buah yang berduri tajam, berwarna hijau dan keras.
Buah ini berasal dari negara Brasil, dan dapat tumbuh didaerah beriklim tropis, terutama di daerah khatulistiwa,termasuk indonesia.
Indonesia sendiri hingga saat ini konon kabar  masih  termasuk negara ketiga terbesar sebagai pengeksport buah bermahkota ini keberbagai negara di belahan dunia,setelah Filipina dan Thailand.
Disamping berpotensi dalam hal agrobisnis, ternyata nanas mempunyai banyak manfaat juga khasiat.
hal ini dikarenakan Buah nanas tercatat banyak mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kalsium, fosfor, Magnesium, Besi, Natrium, Kalium, Dekstrosa, Sukrosa dan Ensim bromelain adalah beberapa zat/unsur penting bagi tubuh yang terdapat pada buah Nanas.

Bromelain berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan dilambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Beberapa khasiat buah nanas yang telah matang:

1. Anti radang.

2. Dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan.

3. Mengganggu pertumbuhan sel kanker.

4. Bersifat dingin

5. Peluruh kencing

6. Membersihkan jaringan kulit yang mati

7. Membantu pencernaan makanan dilambung

8. Menghambat penggumpalan trombosit.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan Buah nanas :

1. air perasan (jus) nanas : Cacingan , radang tenggorokan, beri-beri, menurunkan berat badan, masalah pencernaan.

2. daun nanas (cuci bersih, tumbuk,balurkan pada yang sakit) : untuk bisul,luka bakar dan gatal.

3. 1/4 buah nanas masak, (kupas kulitnya,parut, lalu peras dan saring. tambahkan perasan 1 jeruk nipis, dan aduk sampai rata). : Untuk ketombe dengan menoleskan ramuan ini kekulit kepala, sewaktu malam hari sebelum tidur, lakukan ini berturut-turut, 2-3 kali dalam seminggu.

4. buah nanas (campurkan jus nanas dan santan kedalam mangkuk kecil, lalu aduk rata dan buat maskeran diwajah menggunakan kapas, biarkan selama 20 menit sampai mengering sendiri, dan bilas dengan air bersih dan keringkan) : Untuk kulit wajah halus dan cerah , lakukan dengan teratur 2 kali dalam seminggu.

5. buah nanas (buah nanas yang sudah masak, diparut dan digosok kewajah) : Untuk kulit bersisik, dan mengelupas. Lakukan setiap hari setiap malam sebelum tidur.

6. Air perasan 3 nanas: Untuk Sembelit (cari buah yang belum terlalu matang dan berasa sedikit asam, diparut dan diperas dan diminum.

Efek Samping Buah Nanas :

1.Nanas muda sebagai abortivum, bisa menggugurkan kandungan. Dapat digunakan untuk memperlancar haid, untuk itu ibu hamil muda dilarang makan nanas muda.

2. Memicu rematik. Didalam saluran cerna,buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Makanya untuk yang mempunyai penyakit rematik dan radang sendi dilarang mengkosumsi nanas.

3. Mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Untuk itu penderita diabetes membatasi mengkomsumsi buah nanas ini secara berlebihan.

4. Terasa gatal sehabis makan nanas. ini bisa diatasi dengan merendam nanas segar kedalam larutan air garam.
...
Sudah tidak bisa diragukan lagi tentunya bahwa manfaat nanas dan khasiat dari buah nanas ini sangat banyak. Untuk itu, bagi anda yang memiliki masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas anda bisa mengkonsumsi buah nanas ini untuk mencegah ataupun mengobati berbagai penyakit tersebut. Jika anda ragu, itu tentu wajar karena memang semua itu tergantung niat anda dan kemauan untuk sembuh. Jika anda ingin sembuh bisa mencoba mengkonsumsi buah nanas ini secara teratur setiap hari dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan untuk mendapatkan khasiat dari buah nanas ini., semoga bermanfaat.
( konawe2012 )