Thursday, July 26, 2012

Pura Tertua di Bali

Pulau bali ..siapa seeh yang gak kenal dengan Pulau ini ? keindahan alam..ramah tamah penduduknya serta budayanya sungguh merupakan pesona tersendiri bagi mereka yang pernah berkunjung kesana...dan kemungkinan salah satu dari anda yang pernah berkunjung kesana  juga sedang  mampir di Blog kopral hehehe ..
dan jika benar anda pernah ataupun sering berkunjung kesana  adalah hal yang tepat jika anda lanjut membaca postingan copy paste kopral berikut ini yang memuat berita tentang Pura lempuyang  yang konon kabar adalah pura tertua yang ada dipulau dewata  tersebut...

Pura Lempuyang berada di belahan timur Pulau Bali,dan Tidak hanya menjadi yang tertua, Akan tetapi Pura Lempuyang juga merupakan salah satu dari tiga pura terbesar di Pulau Bali ( selain Pura Besakih dan Pura Ulun Danu Batur ) dan oleh sebab itu,Tak heran jika Pura Lempuyang pun menjadi salah satu target kunjungan wisatawan yang berkunjung kepulau tersebu.


Selain digunakan untuk tempat berdoa umat Hindu Bali, pura ini juga menjadi destinasi wisata. Pura yang berada di Puncak Gamongan atau sekitar 22 kilometer dari Karangasem, Almapura ini diperkirakan sudah ada sebelum zaman Hindu-Buddha.

Di sini wisatawan bisa melihat kekuatan spiritual penduduk Bali dalam hal kepercayaan. Pura Lempuyang memiliki tiga bagian, yaitu Lempuyang Sor, Lempuyang Madya, dan Lempuyang Luhur. Tidak hanya atmosfer religius yang dirasakan saat berada di kawasan pura ini, tapi panorama alam dan keindahan arsitekturnya juga sangat memukau.

Bangunan yang seluruhnya terbuat dari susunan batu ini masih sangat alami. Lumut hijau yang menempel pada batu-batu bangunan ini justru memberikan kesan eksotis. Tekstur lembab menyelimuti seluruh permukaan pura. Tidak ketinggalan, hamparan hijau yang terlihat dari atas pura pun menjadi latar belakang yang menambah kesempurnaan Pura Lempuyang.

Eits, tunggu dulu! Untuk bisa masuk ke pura ini ada pantangan yang tidak boleh wisatawan langgar. Pantangannya tidak sulit, pelancong hanya disuruh untuk menghindarkan diri dari perkataan buruk. Bagaimana, sanggup? Bila sanggup Anda bisa dengan leluasa memasuki Pura Lempuyang dan melihat lansung kecantikan panorama alam yang disuguhkan