Tuesday, May 29, 2012

PROFIL PEMBENTUKAN KABUPATEN KONAWE UTARA ( KONUT )

PROFIL PEMBENTUKAN KABUPATEN KONAWE UTARA ( KONUT )

Kabupaten Konawe Utara Terbentuk berdasarkan Undang-Undang No 13 tahun 2007 yang merupakan salah satu pemekaran dari Kabupaten Konawe sebagai kabupaten Induknya. untuk memacu perkembangan dan kemajuan Provinsi Sulawesi Tenggara pada umumnya dan Kabupaten Konawe pada khususnya, serta adanya aspirasi yang berkembang dalam masyarakat, dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Pembentukan Kabupaten Konawe Utara diharapkan akan dapat mendorong peningkatan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, serta memberikan kemampuan dalam pemanfaatan potensi daerah. Sebagai salah satu Kabupaten yang baru di mekarkan tentunya kesiapan infrastruktur dan Sarana Prasarana Perkotaan masih sangat dibutuhkan dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Konawe Utara. (Undang-Undang No 13 Tahun 2007).


Kabupaten Konawe Utara secara geografis terletak pada 03o00 04o00 Lintang Selatan dan 121o45 122o45 Bujur Timur , dengan batas wilayahnya :

" Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kolut dan Kabupaten Konawe
" Sebelah Timur berbatasan dengan Laut banda
" Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah
" Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Konawe

Kabupaten Konawe Utara yang beribukota di Wanggudu memiliki luas 487,746 Km2 yang terbagi dalam 103 Desa, 8 Kelurahan dan 7 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Asera, Kecamatan Langgikima, Kecamatan Lasolo, Kecamatan Lembo, Kecamatan Sawa, Kecamatan Molawe, dan Kecamatan Wiwirano.