Friday, May 25, 2012

Kabupaten Konawe Selatan ( KonSel )

Lagi lagi tentang Konawe hehehe..yo'i sehubungan karena banyak hal tentunya yang,menyangkut jodoh & rezeki kopral di konawe..wakakakakak..kurang lebih begitulah.

Nah kali ini karena hubungannya erat dengan kata Konawe,maka hal yang pasti dan wajib di ikutin nih wilayah yang berada di sebelah selatan kabupaten konawe yang disebut KONSEL ( singkatan dari Konawe Selatan ) dan selebihnya penjelasannya Kopral copas saja dari sumber yang lebih bisa dipercaya,berikut Profile Konawe selatan



Kabupaten Konawe Selatan secara geografis terletak pada 03o45 04o45 Lintang Selatan dan 121o45 123o00 Bujur Timur , dengan batas wilayahnya :

" Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kolaka
" Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Banda
" Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Konawe
" Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Tiworo

Kabupaten Konawe Selatan yang beribukota di Andoolo memiliki luas 451,420 Km2 yang terbagi dalam 283 Desa, 10 Kelurahan dan 22 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Tinanggea, Kecamatan Lalembuu, Kecamatan Andoolo, Kecamatan Buke, Kecamatan Palangga, Kecamatan Palangga Selatan, Kecamatan Baito,Kecamatan Lainea,Kecamatan Laeya,Kecamatan Kolono, Kecamatan La Onti, Kecamatan Moramo,Kecamatan Moramo Utara,Kecamatan Konda,Kecamatan Wolasi,Kecamatan Ranomeeto Barat,Kecamatan landono,Kecamatan Mowila,Kecamatan Angata,Kecamatan Benua dan Kecamatan Basala.

Komoditi unggulan Kabupaten Konawe Selatan yaitu sektor perkebunan, pertanian dan jasa. Sektor Perkebunan komoditi unggulannya adalah Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, Lada, dan pala. sub sektor jasa yaitu Pariwisata