Katak bisa prediksi gempa bumi

Penelitian menunjukkan kodok di LAquila menghilang sebelum gempa terjadi. Para ilmuwan mengatakan mereka mungkin telah menemukan cara katak ...

Penelitian menunjukkan kodok di LAquila menghilang sebelum gempa terjadi.
Para ilmuwan mengatakan mereka mungkin telah menemukan cara katak memperkirakan gempa bumi.
Pada tahun 2009, katak-katak di LAquila, Italia menghilang dari kolam-kolam setempat, tiga hari sebelum gempa besar.
Para peneliti -dalam laporan yang diterbitkan di Jurnal Internasional untuk Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat- mengatakan batu-batu di kerak Bumi mengeluarkan partikel bermuatan, sebelum gempa dan hal ini mempengaruhi air.
Para ilmuwan memperkirakan katak dapat mendeteksi perubahan ini sebelum lempeng tektonik bergeser.
Tim yang dipimpin oleh Friedemann Freund dari NASA dan Rachel Grant dari Universitas Terbuka Inggris berharap hipotesis mereka ini dapat membantu pakar biologi dan geologi untuk bekerja sama mencari tahu bagaimana binatang mengetahui tanda-tanda gempa.


Amfibi dan ikan
Katak di LAquila bukan satu-satunya binatang yang berperilaku aneh sebelum gempa.Sejumlah laporan menyebutkan reptil, amfibi, dan ikan juga berperilaku aneh sebelum gempa terjadi.
Pada 1975, di Haicheng, Cina, banyak orang yang melihat ular keluar dari sarangnya, satu bulan sebelum kota itu diguncang gempa.

Pergerakan ular ini aneh karena biasanya binatang ini tidur lama di tengah musim dingin, dan keluar pada saat suhu membeku merupakan tindakan bunuh diri untuk binatang berdarah dingin ini.

Nona Grant, pakar biologi dari Universitas Terbuka, mengamati koloni katak di LAquila sebagai bagian dari penelitiannya.
"Sangat dramatis," katanya. "Dari 96 katak menjadi kosong dalam waktu tiga hari."
"Setelah itu saya dihubungi oleh NASA," tambahnya.

Eksodus katak

Para ilmuwan dari badan ruang angkasa Amerika Serikat tengah mempelajari perubahan kimia yang terjadi saat bebatuan di perut bumi mengalami tekakan besar.
Mereka juga tengah meneliti apakah perubahan itu terkait dengan eksodus masal katak.
Pakar geofisika Friedemann Freund mengatakan bebatuan di kerak bumi yang mengalami tekanan besar, mengeluarkan partikel.
Partikel-partikel yang terlepas di udara saat mencapai permukaan Bumi menjadi molekul udara yang disebut ion.
Perubahan kimia ini dapat mempengaruhi bahan organik yang larut di air dan menjadikan bahan ini beracun untuk binatang yang tinggal di air.
Mekanisme ini rumit dan para ilmuwan mengatakan proses ini perlu diuji lagi secara cermat.Namun Dr Grant mengatakan mekanisme ini adalah yang pertama sebagai "petunjuk gempa" yang dapat dirasakan oleh binatang.
Dr Freund mengatakan sikap binatang ini dapat menjadi salah satu dari sejumlah hal yang dapat digunakan sebagai petunjuk gempa.
"Begitu kita mengerti semua sinyal ini dan melihat ada empat atau lima petunjuk yang mengarah pada hal yang sama, maka kita bisa memperkirakan sesuatu akan terjadi," kata Dr Freund kepada BBC Nature.

(bbc/bbc)

COMMENTS

Name

ANDROID,1,Aplikasi dan Internet,13,Asal Tau Saja,74,Berita Konawe,1,Catatan Kopral,15,Film,2,Islam,17,Java Script / jquery,3,Kabar Sultra,1,Kendari pos,1,Kesehatan,13,Kopi Luwak,3,Lagu Nasional indonesia,1,Musik Indonesia,1,News Nyus,14,Nusantara,9,salah tempat,1,Symbian,9,Tanaman hias,4,Teknologi,16,Tips trik Internet,1,Unik,55,video dan Animasi,2,
ltr
item
kopral site: Katak bisa prediksi gempa bumi
Katak bisa prediksi gempa bumi
http://2.bp.blogspot.com/-ulbiMraTKwM/TtxF2S4n0iI/AAAAAAAAGt4/sz2YVynhuGo/s200/katak.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ulbiMraTKwM/TtxF2S4n0iI/AAAAAAAAGt4/sz2YVynhuGo/s72-c/katak.jpg
kopral site
http://kopral80.blogspot.com/2011/12/katak-bisa-prediksi-gempa-bumi.html
http://kopral80.blogspot.com/
http://kopral80.blogspot.com/
http://kopral80.blogspot.com/2011/12/katak-bisa-prediksi-gempa-bumi.html
false
8845574620345040223
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy