Tuesday, March 8, 2011

Google akan mendepak Website berkualitas Rendah

Raksasa search engine Google memodifikasi sistem pencariannya. Mereka coba membendung keberadaan situs yang dinilai berkualitas rendah,agar tidak lagi tampil di deretan atas hasil pencariannya.
Namun perubahan ini masih hanya berlaku di wilayah Amerika Serikat saja.

Dikutip dari Sify, Senin (28/2/2011), Google mengubah formula matematis untuk menyingkirkan situs yang menawarkan value rendah,dalam pengertian website yang hanya memberi sedikit konten dan malah sering berulah menyesatkan user ke halaman penuh dengan iklan.

Raksasa search engine ini sebelumnya memang sudah berniat untuk membendung situs yang hanya meniru konten dari website lain atau menyajikan informasi yang tidak bermanfaat. Dan,kemungkinan inilah saatnya.

Google memaparkan, perubahan ini akan menurunkan website dengan kualitas rendah dan meninggikan website berkualitas tinggi dalam rangking hasil pencarian.
Website berkualitas tinggi memiliki syarat seperti punya konten orisinal dan memiliki analisis mendalam.



"Kami memiliki sebuah tanggung jawab untuk memicu sebuah ekosistem web yang sehat. Penting kiranya sebuah situs dengan kualitas tinggi mendapat penghargaan dan itulah yang kami lakukan dalam perubahan ini," demikian keterangan Google.

"Beberapa situs akan naik (rankingnya-red) dan sebagian turun," tukas teknisi Google, Amit Singhal dan Matt Cutts. Mereka mengatakan, situs dengan konten orisinal seperti riset, laporan mendalam dan analisis kuat bakal meninggi. Juru bicara Google sendiri mengklaim, perubahan ini mendapat tanggapan positif dari user.





Dampaknya memang terasa. Sebab, sangat banyak situs  bergantung dari trafik web yang berasal dari mesin pencarian Google. Penurunan ranking yang kecil saja dapat menurunkan pendapatan yang berasal dari iklan di halaman web mereka. Tak heran beberapa website harus berhitung soal dampak perubahan tersebut.



Beberapa situs pun protes karena rankingnya menurun, padahal mereka merasa berkualitas bagus. Ini misalnya dialami oleh situs WiseGeeks.com, yang biasa menggaji penulis untuk memproduksi konten bermutu. Karenanya, mereka ingin bertanya pada Google bagaimana agar bisa naik lagi rankingnya.

proyek perubahan system pencarian tersebut sudah berjalan sekitar setahun. Penerapannya telah dimulai di Amerika Serikat dan rencananya bakal segera diberlakukan ke wilayah-wilayah lainnya,lalu bagaimana pandangan para ' Budak Google '   kita di Indonesia ?


5 komentar

wew blog dibanned jg ga yah
btw ane follower ke 100 gan ditunggu follbacknya, ksh award dong..hha
blog ane :
http://sayalupablognya.blogspot.com

gan nih saya kunjung balik,.,nice info gan..
moga web blog kita gak didepak.,btw koment balik di salah satu postingan ane yaw..

berita bagus tuh....
alx baxk situs2 yg kyk gitu di indonesia,,ketika mencari,,hasilx ada di atas,,pas di buka gk ada apa2,,hanya iklan doankkk :p.
----------------------
masalah kualitas rendah,,ane merasa tuh..ngakkkk
mudh2 blog ane gk di depak,,tp di naikkan rangkingx...hehehe [Berharap Mode On]
:D
----------------------
thanks infox sob

@ all :iya gara gara banyak banget web/blog Hamba Google yang main curang..maka jadilah google dgn aturannya hehehe..ane jg kualitas bobrok..moga moga naek dikit wkwkwkwk..

wah mudah2an cepet2 diberlakukan diseluruh dunia biar situs2 ga jelas hengkang dari urutan 1 hahahah

(ngarep)

salam kenal pa Kopral!!!